BEKANGDAM VI/MLW DUKUNG LATIHAN KAPAL MOTOR CEPAT KODAM VI/MLW

Bekangdam VI/Mlw dukung Latihan Kapal Motor Cepat Kodam VI/Mlw

Bekangdam VI/Mulawarman – Tuntutan tugas TNI AD kedepan yang semakin berat dihadapkan dengan kondisi wilayah Kalimantan Timur yang identik dengan perairan serta seringnya terjadi kecelakaan di sungai maupun laut, dan dalam rangka mendukung latihan yang memerlukan peralatan Kapal Motor Cepat. Sehingga Kodam VI/Mlw perlu melatihkan prajurit Kodam VI/Mlw sebagai operator Kapal Motor Cepat (KMC).

Latihan Operator Kapal Motor Cepat bagi Prajurit jajaran Kodam VI/Mlw merupakan sarana untuk melatih kemampuan personel satuan yang diarahkan sebagai operator KMC di satuan. Latihan ini bertujuan memberikan pembekalan pengetahuan baik teori maupun praktek agar prajurit dapat mengetahui teknik sebagai operator Kapal Motor Cepat. Sehingga dapat diaplikasikan dalam penugasan operasi dan tugas harian.

Bekangdam VI/Mlw selaku badan pelaksana tingkat Kodam VI/Mlw yang mempunyai  fungsi kecabangan Angkutan air mendapat kepercayaan untuk melatihkan kemampuan olah gerak Kapal Motor Cepat (KMC) kepada satuan jajaran Kodam VI/Mlw.

Latihan Operator Kapal Motor Cepat bagi Prajurit jajaran Kodam VI/Mlw merupakan Program Kerja dan Anggaran Kodam VI/Mlw TA 2014 selaku Kotama Pembina TNI AD Bidang Operasi Khususnya Latihan, dan   Surat Perintah Pangdam VI/Mlw  Nomor  Sprin/874/V/2014 Tanggal  23 Mei TA 2014 tentang perintah merencanakan, menyiapkan dan menyelenggarakan Latihan Kapal Motor Cepat (KMC) Kodam VI/Mlw  TA 2014.

Materi Latihan terdiri dari .

a.Teori.

1) Pengetahuan Motor Mesin

2) Pemeliharaan KMC

3) Cara mengoperasikan KMC

4) Longmalap

5) Membaca Peta Kompas

6) Membaca situasi angin dan gelombang

7) Ilmu Pelayaran

8) Mencegah kebakaran di laut

9) Pengetahuan rambu-rambu laut

10) Keselamatan Kerja.

b.Praktek.

1)Olah gerak bebas

2)Keluar masuk olah gerak

3)Menyeberangi sungai dan telusuri pantai

4)Berlayar di arus sungai yang kuat

5)Menyandarkan KMC.

Daerah latihan yang digunakan adalah perairan teluk Balikpapan dengan menyeberangi sungai dan menelusuri pantai serta berlayar di arus  yang kuat dengan menggunakan pelabuhan kapal ADRI XLII Bekangdam VI/Mlw.

Tujuan  Latihan Operator Kapal Motor Cepat bagi Prajurit jajaran Kodam VI/Mlw adalah agar prajurit Kodam VI/Mlw   memahami dan mampu melaksanakan pengoperasian Kapal Motor Cepat guna memelihara dan meningkatkan kemampuan dalam rangka memberikan dukungan operasi. Latihan yang berlangsung  mulai tanggal 25 sd 30 September 2014 berjalan dengan lancar dan aman. (bekangdam6mlw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.