Tepbek VI-44-A/Balikpapan merupakan satuan pelaksana Bekangdam VI/Mulawarman di Bidang Pembekalan bekal Intendans, dalam rangka mendukung operasional tugas serta pemeliharaan jasa Intendans kepada satuan perawatan jajaran Kodam VI/Mulawarman, khususnya yang berada di wilayah Balikpapan sejumlah 33 Satuan Perawatan.

Tepbek VI-44-A/Bpp dalam melaksanakan tugasnya menyelenggarakan pembinaan fungsi tehnis Bekang kepada satuan perawatan, dimana bekerja dengan prinsip pelayanan logistik yaitu:
1. Logistik harus mengalir dari belakang ke depan
2. Dukungan logistik harus diberikan tepat guna, waktu, mutu, jumlah, dan sasaran
3. Pelayanan harus memperhatikan faktor efektif dan efesien

Dimana bekal-bekal yang dilayani meliputi bekal – bekal kelas I sampai kelas IV yaitu makanan, Kaporsatlap, Perminyakan/BMP serta Satri dan ATK-G.

Dislokasi Tepbek VI-44-A/Balikpapan menempati kantor yang berada di jalan Mayjen Soetoyo No 7 Gunung Malang, dan dilengkapi sarana berupa instalasi pelayanan yang terdiri 3 unit SPBT yaitu 1 ( satu ) pompa SPBT yang terletak di Masatlak Bekangdam VI/Mulawarman di jalan Tanjungpura IV, 1 ( satu ) pompa SPBT yang berada di Matepbek Gunung Malang serta Gudang Perminyakan dan 1 ( satu ) pompa SPBT yang berada di KM 3,5 Balikpapan yang digunakan untuk pelayanan terhadap bekal – bekal BMP. Adapun sarana angkut BBM yang tersedia berupa 2 ( Dua ) Unit kendaraan tangki BBM kapasitas 8 ( Delapan ) Ton serta 1 ( satu ) Unit kendaraan tangki BBM Kapasitas 5 ( Lima ) Ton.

Saat ini Dantepbek VI-44-A/Balikpapan dijabat oleh Mayor Cba Andi Sugandi,yang beranggotakan 31 orang, dibantu unsur perwira staf yang terdiri dari Kaurbek yaitu Lettu Cba Sumarna, Paur Kaporlap Lettu Cba Gatot,Paurdal Lettu Cba Moh.Kharis serta Paur Kanpermin yaitu Lettu Cba Ryan Hendro Setiawan. Dengan jumlah personel Bintara 10 orang, Tamtama 9 orang dan pns 8 orang sehingga total personel berjumlah 31 orang atau baru terpenuhi 41 % dari perbandingan DSPP Tepbek VI-44-A/Balikpapan yaitu sejumlah 61 orang. Meskipun demikian, tidak menjadi kendala yang berarti dalam melaksanakan kegiatan utama sebagai unsur pelayanan daerah kepada satuan perawatan yang berada di wilayah pelayanan Tepbek VI-44-A/Balikpapan, sesuai prinsip penempatan personel yaitu menempatkan personel yang tepat pada jabatan yang tepat serta mengutamakan skala prioritas dalam penyelesaian tugas satuan.

Kegiatan harian yang dilaksanakan oleh satuan Tepbek VI-44-A/Balikpapan, adalah menyelenggarakan fungsi teknis Bekang berdasarkan kebijakan Komando untuk penyaluran bekal intendans kepada satuan perawatan mulai dari tahapan pengajuan rencana kebutuhan , penerimaan bekal, penimbunan bekal ( penyimpanan ), pemeliharaan bekal sampai kepada tahapan kegiatan pendistribusian bekal sesuai surat perintah serta kegiatan pertanggungjawaban terhadap bekal yang telah didistribusikan, disamping itu juga melaksanakan kegiatan pembinaan satuan yaitu pembinaan fungsi organik militer meliputi pengamanan, organisasi dan latihan, personel serta logistik yang mengacu pada program kerja Bekangdam VI/Mulawarman, dan selalu berkoordinasi dengan Mabekangdam VI/Mulawarman sebagai kesatuan induk termasuk didalamnya pelaksanaan latihan – latihan satuan, yang berupa latihan program serta latihan non program guna meningkatkan kemampuan serta profesionalisme prajurit Tepbek VI-44-A/Balikpapan.

Demikianlah gambaran umum satuan Tepbek VI-44-A/Balikpapan dalam pelaksanaan tugasnya sebagai satuan pelaksana Bekangdam VI/Mulawarman, semoga bermanfaat.
satuan perawatan adalah satuan TNI AD yang menerima semua bekal langsung dari unsur pelayanan daerah ( Satkai III ) yaitu Tepbek/Denbekang. Yang termasuk satuan perawatan adalah :
1) Batalyon Infanteri, Kavaleri, Arteleri, Zeni dan lain – lain.
2) Detasemen.
3) Satuan Teritorial.
4) Rumah Sakit TNI AD
5) Satuan TNI AD yang menjalankan tata usaha sendiri.

33 Satuan Perawatan yang menjadi Satwat Tepbek VI-44-A/Balikpapan yaitu :
1) Denma Skodam VI/Mulawarman
2) Itdam VI/Mulawarman
3) Bekangdam VI/Mulawarman
4) Denjasa Ang VI-44-13
5) Denharjasaint VI-44-12
6) Tepbek VI-44-A/Balikpapan
7) Pomdam VI/Mulawarman
8) Deninteldam VI/Mulawarman
9) Paldam VI/Mulawarman
10) Bengrah “A” 06-42-01
11) Kesdam VI/Mulawarman
12) Rumkit Dr. R Harjanto Balikpapan
13) Hubdam VI/Mulawarman
14) Kumdam VI/Mulawarman
15) Ajendam VI/Mulawarman
16) Gudmatang VI-44-14
17) Kudam VI/Mulawarman
18) Bintaldam VI/Mulawarman
19) Pendam VI/Mulawarman
20) Topdam VI/Mulawarman
21) Sandidam VI/Mulawarman
22) Babinminvetcaddam VI/Mulawarman
23) Jasdam VI/Mulawarman
24) Kodim 0905/Balikpapan
25) Kodim 0904/Tanah Grogot
26) Denzipur – 7 Kodam VI/Mulawarman
27) Yonif 600 Raider Kodam VI/Mulawarman
28) Dodikjur Rindam VI/Mulawarman
29) Zidam VI/Mulawarman
30) Denkomlekstrada
31) Infolahtadam VI/Mulawarman
32) Odmil 1-07/Balikpapan
33) Denkav – 1 Kodam VI/Mulawarman.

***